Merencanakan Dana Pendidikan Untuk Anak

Pengelolaan keuangan didalam rumah tangga mencakup banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari yang sederhana seperti biaya hidup sehari-hari, hingga hal-hal yang membutuhkan perencanaan jangka panjang seperti pembayaran cicilan rumah, cicilan mobil hingga rencana finansial masa depan seperti dana pensiun dan tentu saja dana pendidikan anak.
Biaya pendidikan anak di saat ini dan di masa yang akan datang bisa jadi akan sangat besar dan bila tidak dipersiapkan dengan baik, apabila tidak terencanakan dengan baik maka bisa jadi rumah tangga tersebut tidak akan bisa membiayai pendidikan anak mereka nantinya. Oleh karena itu persiapan sejak dini perlu dilakukan dan ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan para orang tua.
Membuat Perkiraan Biaya Sekolah di Masa yang akan Datang
Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para orang tua adalah membuat perhitungan tersendiri mengenai jumlah biaya yang kira-kira harus mereka keluarkan untuk membayar biaya sekolah anak mereka.
Hal ini mungkin agak sedikit sulit untuk dilakukan karena tidak ada orang yang bisa memprediksi dengan pasti bagaimana situasi dan kondisi ekonomi di masa yang akan datang.
Namun, ada sebuah cara yang bisa dipergunakan untuk memprediksi biaya pendidikan di tahun yang akan datang yaitu dengan menghitung rata-rata besaran inflasi setiap tahunnya. Besaran inflasi bisa bervariasi namun untuk amannya, kita bisa mengambil angka 10% setiap tahun atau bisa dikatakan bahwa biaya pendidikan akan meningkat sebesar 10% setiap tahunnya.
Dengan tahu inflasi setiap tahun, maka kita dapat memperkirakan dengan membandingkan biaya pendidikan saat ini. Perencana keuangan akan dapat menghitung dengan pasti, berapa biaya pendidikan anak. Untuk lebih jelasnya mengenai pendidikananak BRI Life telah membuat produk yang sangat baik untuk pendidikan anak-anak kita kelak tanpa membebani keuangan saat tua nanti. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merencanakan Dana Pendidikan Untuk Anak"

Posting Komentar